Senin, 27 Februari 2012

Sistem Penunjang Keputusan (SPK) Java NetBeans

Malam-malam gini enaknya emang minup kopi gan, trus isep rokok, apa lagi sambil makan bakwan anget tuh sambil main domino. Wuih...., dah rasa di kedai-kedai kopi gitu gan, hehehehe. Sambil nyeruput kopi ane yang lagi anget2 ne gan, ane kepikir mo posting cara bikin program Sistem Penunjang Keputusan (SPK) sederhana pake Java NetBeans gitu gan. Moga ja bermanfaat buat agan-agan semua.
cekidot gan.....!

1. Sebelumnya gan, ane mo rekomendasiin ne posting buat agan-agan yang dah ngerti dasar-dasar Java NetBeans gan. Jadi Buat yang belum ngerti dasar-dasarnya, ntar ane posting lagi gan. Di sini ane pake NetBeans 6.7.1 gan.
2. Trus, agan tinggal bikin New Project, caranya klik File-New Project  yang namanya terserah agan trus simpan juga terserah agan mo dimana. Kalau ane bkin nama project ane "SPK" gan.



3. Kalau dah siap bikin project baru, agan bikin ja Form baru buat bikin program agan. Caranya Klik Project agan tadi, kalau ane tadi Klik SPK-Source Packages-spk. Trus klik kanan ambil New-JFrame Form. Bikin nama form nya "spk_sederhana"

4. Trus bakal muncul tuh Form Kosong. Rancang Form Agan tadi seperti gambar dibawah gan. O ya, gak usah bikin yang kotak-kotak warna kunimg,biru ma merah ya gan plis tulisannya juga gak usah bikin.


5. Kalau dah siap agan tinggal ganti nama variabel TextField agan aja lagi. Caranya Klik kanan TextField yang mo diubah, trus klik Change Variable Name, ganti jTextfield3 ma "vna". trus jTextfield4 ma "vhr".

6. Kalau dah siap, klik dobel jButton "Proses". paste sintax di bawah ne.

int a;
String b,hasil;
 a=Integer.parseInt(vna.getText());

 if (a>=80)
 {
     b="A";
 }
 else if(a>=65)
 {
     b="B";
 }
 else if(a>=45)
 {
     b="C";
 }
 else if(a>=30)
 {
     b="D";
 }
 else
 {
     b="E";
 }
  vhr.setText(""+b);



7. Jadi deh Program SPK sederhan Agan. Tinggal di Ru aja lagi gan....!

Kalua agan mo program yang dah jadi, Klik Link di bawah gan:




Tinggalin Komentarnya ya gan...! :)

3 komentar: